Kamis, 14 Juli 2011

Tambang di Bittuang dan Masanda Tana Toraja dilirik Investor




Timah Hitam
Potensi tambang di dua kecamatan di bagian barat Tana Toraja yaitu, Kec. Bittuang dan Masanda menarik minat investor. Jenis tambang yang akan dieksplorasi oleh para investor tersebut adalah galena (timah hitam) dan base metal.
Timah hitam atau dikenal sebagai logam Pb dalam susunan unsur merupakan logam berat yang terdapat secara alami di dalam kerak bumi dan tersebar ke alam dalam jumlah kecil melalui proses alami. Sudah lama logam ini digunakan bahkan sejak ribuan tahun yang lalu. Timbal yang tersebar dimana-mana dan mudah dicari, ditempa dan dirubah dalam bentuk ekstrak membuat unsur ini sempat menjadi primadona selama ribuan tahun.
Para investor yang berminat tersebut yaitu PT Christina Explo Mining, PT Novienindo Multi Resoueces, dan PT Makale Toraja Mining.
“Ada tiga investor lokal yang tertarik dengan potensi tambang galena dan base metal Bittuang dan Masanda.Mereka sudah menawarkan kerja sama ke Pemkab Tator,” ungkap Sekretaris Kabupaten Tator Enos Karoma baru-baru ini. Pemkab Tator menyambut positif keinginan investor tersebut, termasuk akan mempermudah penerbitan izin.
“Pemkab akan memberikan kemudahan bagi para investor yang benar-benar serius berinvestasi di Tator. Dengan catatan, investor harus menaati semua aturan yang berlaku,” kata dia.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar